Saturday 10 January 2015

Manfaat Pare


 Khasiat dan Manfaat Pare

 

Buah pare atau disebut pula dengan paria terkenal dengan rasanya yang pahit. Memang buah yang satu ini banyak dikonsumsi oleh masyarakat karena rasanya yang pahit. Pare memiliki nama ilmiah Momordica charantia L. berasal dari India Barat dan Burma. Di negara lainnya pare disebut dengan istilah balsam-pear/bitter gourd (Inggris), Peria (Melayu), muop dang, kho qua (Vietnam), mara, phakha, maha (Thailand), ampalaya, amargoso, paria, palia (Pilipina), ku gua, foo gwa (Cina).

Di Indonesia, pengembangan dan pembudidayaannya disebarluaskan oleh orang-orang Belanda. Pare merupakan jenis tanaman yang merambat. Adapun beberapa jenis pare yang biasa ditanam antara lain pare ayam (pare hijau), pare gajih (pare mentega/pare putih) dan pare taiwan (pare import).

Kandungan Nutrisi Pare

Meskipun berasa pahit, namun pare memiliki manfaat bagi kesehatan yang tidak sedikit. Sayur ini memiliki berbagai macam vitamin dan mineral seperti vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin C, kalsium, kalium, seng, zat besi, tembaga dan fosfor.

Kalori: Paria menyediakan kalori yang cukup rendah, yaitu satu porsi 100 gram menyediakan hanya 17 kalori.
Vitamin C : Merupakan sumber vitamin C yang sangat baik, yaitu 84 mg untuk setiap porsi 100gr. Hal ini setara dengan 140 % dari Angka Kecukupan Gizi (AKG).
Folat : 100 gram buah segar menyediakan 72 ug asam folat, atau setara dengan 18 % AKG.
Vitamin B : Buah sayur pahit ini juga merupakan sumber vitamin B yang baik, seperti niacin atau vitamin B3, asam pantotenat atau vitamin B5 dan pyridoxine atau vitamin B6.
Mineral: Paria banyak mengandung kalium, fosfor, zinc, zat besi, magnesium, mangan, tembaga, serta mengandung kalsium.

Khasiat pare untuk kesehatan tubuh, kulit serta rambut :


  1. Gangguan Pernapasan : Pare segar adalah obat yang sangat baik untuk mengobati masalah pernapasan seperti asma, flu, batuk, dll.
  2. Tonik liver : Minum satu gelas jus pare setiap hari untuk menyembuhkan masalah pada liver.
  3. Sistem kekebalan tubuh : Rebus daun pare atau buahnya ke dalam air dan minum setiap hari untuk melawan infeksi. Hal ini juga membantu untuk membangun sistem kekebalan tubuh Anda.
  4. Jerawat: Mengkonsumsi pare bisa membantu untuk menyingkirkan jerawat, noda dan infeksi kulit luar. Pare juga berkhasioat untuk mengobati masalah terkait gangguan darah(darah kotor) seperti  bisul, kudis, gatal-gatal, psoriasis, dan penyakit jamur lainnya. Antioksidan dari pare juga berkhasiat untuk anti penuaan. Minumlah Jus pare yang dicampur dengan lemon saat perut kosong setiap hari selama 6 bulan,  atau sampai Anda mendapatkan hasil yang diinginkan.
  5. Diabetes : Khasiat penting jus pare adalah bisa untuk mengatasi diabetes tipe 2. Hal ini telah lama menjadi bagian dari pengobatan Cina dan India kuno, dan kini sudah dibuktikan oleh penelitian terbaru. Diabetes tipe 2 disebabkan karena ketidakmampuan sel untuk menyerap gula dalam darah akibat produksi insulin yang tidak cukup memadai atau karena resistensi insulin. Pare mengandung bahan kimia tertentu yang mirip seperti insulin, yang membantu untuk mengurangi kadar gula darah.
  6. Sembelit : Pare membantu pencernaan karena mengandung jumlah serat yang cukup. Dengan demikian limbah bisa dibuang dari tubuh dengan lancar, sehingga akan membantu menyembuhkan gangguan pencernaan atau masalah sembelit.
  7. Ginjal dan kandung kemih : Pare membantu menjaga ginjal dan kandung kemih tetap sehat. Hal ini juga berkhasiat membantu menyembuhkan batu ginjal.
  8. Penyakit jantung : Pare sangat baik untuk kesehatan jantung. Hal ini karena pare bermanfaat untuk membantu mengurangi kadar kolesterol jahat yang berpotensi menyumbat dinding arteri. Dengan demikian sering makan pare akan mengurangi kemungkinan serangan jantung. Peria diketahui dapat menurunkan kadar gula darah, yang juga diketahui bisa membantu menjaga kesehatan jantung.
  9. Kanker : Pare bisa mencegah perkembangan sel kanker.
  10. Metabolisme : Pare mengandung beberapa vitamin B, seperti niacin atau vitamin B3, asam pantotenat atau vitamin B5 dan pyridoxine atau vitamin B6. Semuanya merupakan vitamin esensial yang berguna untuk metablolisme dan menyehatkan tubuh secara keseluruhan.
  11. Sedangkan Khasiat untuk Kulit  : Pare adalah pembersih darah alami, yang membantu meningkatkan penampilan kulit Anda. Diantara khasiatnya adalah Mencegah Jerawat, mengobati penyakit kulit atau infeksi kulit seperti, eksim, dan psoriasis, Anti - penuaan : Pare mengandung vitamin C, yang merupakan antioksidan kuat, penyembuhan luka: Peria membantu mengontrol aliran dan pembekuan darah, sehingga proses penyembuhan luka menjadi lebih cepat, serta lebih lanjut akan mencegah infeksi.
  12. Sedangkan Khasiat untuk Rambut : membuat rambut berkilau, mengobati ketombe, rambut pecah-pecah, kulit kepala kering dan gatal serta rambut rontok dan kasar.





Selain dijadikan sayur dan lalapan, sekarang pare bisa kamu dapatkan dalam camilan keripik yang enak dan sehat. Klik disini untuk pemesanan. Kami menerima pesanan baik satuan maupun grosiran.

No comments:

Post a Comment