Sunday 4 January 2015

Manfaat Daun Pepaya

Khasiat dan Manfaat Daun Pepaya




Pepaya yang memiliki nama latin carica papaya masuk dalam keluarga caricaceae. Selain buahnya yang bisa dikonsumsi, daunnya – meskipun memiliki rasa pahit - pun sering dimanfaatkan untuk dibuat sayur dan lalapan.
Orang tua kita dulu sering menjadikan daun pepaya ini sebagai obat tradisional yang mampu mengatasi berbagai penyakit. Karena didalam daun papaya terdapat getah papaya yang mengandung enzim papain. Enzim papain ini merupakan sejenis protease yang dapat melunakkan daging. Disamping enzim papain, daun ini juga mengandung Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin C, Kalori, Protein, Lemak, Hidrat Arang, Kalsium, Fosfor, Besi, dan Air.

Berbagai jenis penyakit dipercaya mampu diobati oleh daun papaya seperti penyakit cacingan, demam berdarah, obat jerawat, penambah nafsu makan, pelancar pencernaan, nyeri haid, serta malnutrisi pada bayi. Bahkan menurut penelitian terbaru daun pepaya juga mampu menghambat pertumbuhan sel kanker.

Berikut ini adalah tips menghilangkan rasa pahit daun pepaya. Pilih salah satu cara yang menurut Anda paling mudah :


  • Sebelum direbus, remas-remas daun dengan garam dapur sampai layu dan mengeluarkan air.
  • Rebus daun kates dengan daun jambu biji, gunakan perbandingan 3 : 10 dimana 3 lembar daun pepaya direbus bersama 10 lembar daun jambu biji
  • Tambahkan 1 genggam tanah liat atau batu bata saat merebusnya. Jangan lupa cuci setelah matang agar tetap bersih saat dimakan. ***



Pepaya mudah tumbuh dimana-mana.




Manfaat dan khasiat daun pegagan, klik disini. 

Manfaat dan khasiat daun singkong, klik disini. 

Untuk memesan keripik daun, klik disini.



 

1 comment:

  1. Silahkan pesan keripik pegagan melalui kami. kami menyediakan kepripik pegagan dengan aneka rasa dan kualitas yang prima. Untuk mendapatkan Keripik Pegagan Jogja bisa langsung datang ke tempat kami "Orlin Snack" di Dusun Jeringan, Kebonharjo, Samigaluh, Kulon Progo (Sekira 30 KM ke arah barat Kota Yogyakarta). Akan tetapi jika itu terlalu jauh, maka Anda bisa melakukan pemesanan via online kepada kami melalui :

    Whatsapp/Telp/SMS : 085201813659
    BBM : 5889EA79
    Instagram : @keripikpegaganjogja


    Sangat mudah dan murah. Melayani pemesanan dari seluruh Indonesia dan Luar Negeri.

    Silahkan kunjung blog kami : http://keripikpegaganjogja.blogspot.co.id/

    ReplyDelete